Kamis, 22 Desember 2016

Biografi Tan Malaka

Tan Malaka

Nama lengkap Tan Malaka adalah Ibrahim Datuk tan Malaka . Pada tahun 1908, Tan Malaka sekolah di Kweekschool (sekolah guru) yang juga disebut sekolah raja di Bukittinggi. Lima tahun kemudian, beliau ke Belanda untuk memperdalam ilmu. Di Belanda, beliau berkenalan dengan paham Marxisme yang kemudian dijadikan dasar perjuangannya. OIeh karenaitu, pada tahun 1921 beliau diangkat menjadi ketua PKI. Namun, setahun kemudian beliau ditangkap dan diasingkan ke luar negeri selama dua puluh tahun. Dalam masa pengasingan, Tan Malaka menghadiri Kongres Komunis Internasional (Komitern) di Moskow pada bulan November 1922 dan mengkritik sikap Komitern yang berseberangan dengan golongan Islam. Tan Malaka menganggap bahwakekuatan Isläm harus diikutkan dalam perjuangan bangsa-bangsa terjajah.

Meskipun kritikannya tajam, beliau diangkat menjadi wakil Komitern Asia Timur yang berkedudukan di Kanton, Cina. Sejak itu, beliau berpindah-pindah tempat dengan memakai berbagai nama samaran. Tan Malaka juga pernah tinggal di Manila dan Singapura. Keaktifan Tan Malaka di PKI terhenti karena peringatannya kepada pimpinan PKI untuk tidak memberontak kepada Belanda diabaikan. Beliau pulang ke indonesia pada tahun 1942 ketika Jepang sudah berkuasa. Pada bulan Maret 1946, beliau dan tokoh Persatuan Perjuangan (PP) yang didirikannya ditangkap dan dipenjara oleh Belanda karena dianggap mengganggu keamanan. Mereka dibebaskan menjelang pemberontakan PKI di Madiun pada bulan September1948. Sewaktu terjadi Agresi Militer II Belanda, Tan Malaka berjuang di daerah Kediri. Kesalahpahaman di antara para tokoh pejuang membuat Panglima Militer Jawa Timur menangkap dan mengeksekusi Tan Malaka di wilayah Kediri.
Tempat/Tgl. Lahir: Suliki, Sumbar, 1897
Tempat/TgI. Wafat: Kediri, 21 Februari 1949
SK Presiden: Keppres No. 053/TK/Tahun 1963, TgI. 28 Maret 1963
Gelar: Pahlawan Nasional

Belum lama ini sebuah makam yang diduga kuat menjadi tempat peristirahatan terakhir tokoh yang juga dijuluki sebagai ‘Che Guevara dan Indonesia’ini telah ditemukan. Letaknya adalah di Desa Selopanggung, Kediri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar