Kamis, 28 September 2017

A Gleam of Light in Indonesia?


Mungkin ini adalah keusilan terakhir ngegodain hantu beliau, moga-moga arwahnya tenang. Dan kita semua insaf selepas bulan ini. Masalah masih ada yg histeris dan ngefans atas sepak-depak-toyor-popor-terjang-tendang-kemplang beliau sebenernya sih sah-sah saja, negara kita adalah negara demokratis, ya toh?

Seminggu inipun banyak kawan-kawan lama yg secara terang-terangan atawa malu-malu masih ngarep bengsin jadi gopek. Menurut mereka, jaman tentara, bossnya bisa ngatur perekonomian sebegitu heimat dan heibat di jaman Rust en Orde, ya gapapa, mungkin emang sekarang ngerasa jamannye susah, anak banyak, kerjaan ngadat, cicilan motor makin keparat (padahal jaman dulu boro-boro  boleh mindring). Dan dari serangkaian debat di samping pak kusir yg sedang bekerja supaya baik jalannya itu, ada yg mentah-mentah nolak buku-buku macem Budhe McVey atawa Pakdhe Kahin, mereka bilang:

"GAK BISA! KAN SEJARAHNYA UDAH DITULIS NEGARA! BUKU-BUKU LUAR CUMA PROPAGANDA" [njir]

Ya uwiiis.. ssstt... Aja nesu masnya.. mbaknya..

Tepat seperti ungkapan seorang kawan, dalam sejarah, tak ada yg perlu diluruskan, sahaya mengamini, karena biarlah kebenaran itu akan menemukan jalannya sendiri, bukan berarti catatan itu buram, tapi semua tokoh punya andil pada masa itu. Entah jadi antagonis, protagonis, cameo, burung beo, mbalelo, semua tergantung berat kemana kita ngeliat. Masalahnya disini kita masih melihat sejarah itu seperti drama, kita ruwat manisnya namun kita helat pait-paitnya. Jadilah kita bingung sendiri, padahal kalo kita liat faktor yg paling penting adalah bagaimana kekuasaan itu dipakei buat depak-sepak-toyor-popor-kemplang-hilang pada masyarakat yg mengkritisi hal-hal yg tidak baik.

Dalam puak masyarakat yg tidak banyak membaca tentang sejarah penindasan, penghisapan dan pembodohan ada sebentuk kekaguman akan romantika dan euphoria genosida, mereka menghalalkan penghapusan manusia karena figur seorang jendral murah senyum kebapakan (that smile.. that goddamn smile!) yg menjadi pemenang dalam bab Bharatayudha. Seorang raja yg melanjutkan revolusi dengan moncong senapan. Hidup jadi sedemikian aman. Sehingga mereka terlena akan marabahaya yg tak nampak di pelupuk mata. Dan kita tau, inilah masanya.

Kelucuan-kelucuan itu salah satunya si sipil ngimpi maen abri-abrian, menjual deretan nama jendral-jendral untuk meluluskan kepentingan. Marak terjadi waktu itu --mungkin sampe sekarang-- sosok dalam angkatan menjadi begitu berperan untuk bisnis yg berkelangsungan, walhasil garda negara itu bukanlah mereka yg menjaga keselamatan bangsa tetapi digunakan pangkatnya seperti centeng jaman Belanda. Kita dididik menjadi masyarakat apolitis. Mencetak jago-jago nepotis.

Adakah secercah cahaya di Indonesia? Ketika kita begitu takut berpolitik? ketika begitu takut akan suatu kebenaran? Ketika kita begitu picik akan keadilan? Ketika kita nyaman akan pembodohan? Dan gemar maen abri-abrian?

Tidakkah takut pada anak-cucumu? Kau didik pada kesumat palsu dan melepasnya di masyarakat, mempertahankan kebohongan-kebohongan dan meludahi pelajaran. Kau apatis akan kecerdasan generasi dan terlalu asyik bersolek diri. Menjadi priyayi-priyayi. Mencibir yg korupsi. Geram pada kolusi. Tetapi lalai membentuk jati diri.

Dan enteng menuduh kawan-kawanmu yg mencari bukti adalah bagian dari PKI.

SINTING!

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=148295872439113&id=100017761029412

Tidak ada komentar:

Posting Komentar