Minggu, 19 Februari 2017

ANIES BASWEDAN IDOLAKU

Bicara tentang strategi pilgub DKI. Rasanya tdk ada cagub yg lebih canggih dari om Anies.

#RanselReputasi

Om Anies adalah seseorang yg tidak terbebani ransel reputasi. Tidak malu mengambil posisi d bawah naungan Prabowo yg saat pilpres om Anies serang habis2an.

https://youtu.be/BmPuFgQSZBk

Om Anies tampa ragu membuang reputasi moderat, toleran, dan mencintai persatuan Indonesia dalam kebersamaan semua agama dan ras d dalamnya.

Om Anies jg tdk berpikir dua kali untuk mendiskreditkan Paramadina. Dmana om Anies pernah menjadi rektor d dalamnya dan menjauhkan diri dari status liberal Paramadina.

http://news.gubernurmuslim.com/2017/01/anies-baswedan-saya-menolak-reklamasi-dan-akan-mengembalikan-kepentingan-nelayan-dan-masyarakat-di-teluk-jakarta/

Harga diri, nama baik dan reputasi, semua itu adalah beban. Om Anies tidak ragu untuk membuang semuanya dan menciptakan diri anda yg baru dari awal lagi.

#RebutKonstituenLawan

Bila saatnya tiba, om Anies tdk takut untuk berpelukan dengan ormas paling kontroversial d Indonesia. Secara efektif mengikuti arus yg sudah d buat oleh org lain dengan susah payah dan mendukungnya secara terbuka. Dan merebutnya.

Mungkin akan ada pihak yg menunding sisa reputasi toleran anda ketika anda mengatakan sejalan dengan FPI. Bahwa pemimpin hrs muslim. Mungkin ada yg mempertanyakan kepada anda apa itu "merajut tenun kebangsaan" yg anda maksud dulu. Tapi anda dapat dengan mudah mengelak dengan kalimat "merajut tenun kebangsaan d bawah kepemimpinan Islam".

https://youtu.be/1Y2yaVM_nvQ

Konstituen saingan om Anies yg saling bersinggungan om Anies rebut secara sangat halus dengan memperlihatkan "Aku se extreme kalian". D tambah rangkaian kata2 om Anies yg megah dan menginspirasi dalam debat. Tampa menyerang saingan anda yg searah, anda meperlihatkan "Aku lebih pintar darimu". Sehingga konstituen saingan anda yg memilih krn emosi, mendapatkan alasan lebih baik lagi dari anda.

Dengan mundukung anda, emosi terpuaskan, dan ada alasan motivasi retorika yg indah dari anda. Jadi secara mental konstituen anda mendapatkan justifikasi "Aku tidak mendukung Anies krn sekedar benci Ahok. Aku mendukung Anies krn Anies bagus". Dengan cara itulah anda merebut konstituen saingan anda yg sejalan.

Benar2 luar biasa cerdas.

#JanjiYgAbstrak

Akupun penasaran dengan janji2 om Anies. Selain dari detik, akupun membuka website anda untuk melihat sendiri janji2 anda yg lebih update.

Sebagian besar dari 23 janji anda, adalah janji yg menyenangkan, mudah dan abstrak. Janji yang tidak terukur. Dengan begitu janji anda tidak dapat d serang.

Kuambil contoh dari salah satu janji anda, "Program Khusus Lansia: Tunjangan Hari Tua"

Berikut janji anda yg kukutip dari URL:
http://www.jakartamajubersama.com/program-khusus-lansia-tunjangan-hari-tua

1) Memberikan Tunjangan Hari Tua kepada semua lansia di DKI Jakarta sebesar Rp. 300.000 per bulan untuk menunjang kebutuhan hidupnya.

2) Memperbanyak layanan kesehatan pencegahan untuk lansia seperti layanan deteksi kanker gratis, di rumah sakit negeri dan swasta.

3) Memperbanyak ruang terbuka hijau ramah dan aman untuk lansia yang dapat digunakan untuk kegiatan lansia (senam lansia, dan sebagainya).

4) Menyediakan trasportasi umum gratis dan publik area ramah dan aman bagi lansia.

5) Melengkapi unit darurat untuk memberikan pertolongan pertama pada pasien di setiap puskesmas dengan standar motor gawat darurat (selain mobil ambulan), untuk masuk ke jalan-jalan sempit.

6) Mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dan peduli terhadap lanisa melalui kegiatan bersama lansia dengan memaksimalkan peran komunitas yang sudah ada atau membentuk komunitas baru.

Janji no satu tidak ada artinya mengingat APBD DKI yg mendekati 70 triliun. Aku tidak meragukan bahwa janji ini akan terpenuhi. Janji ini mudah dan menyenangkan. Siapapun yg mengajukan keberatan terhadap janji ini dapat anda tuduh tidak manusiawi terhadap lansia.

Sedangkan janji2 lainnya? Begitu abstrak sehingga anda tidak mungkin d serang dari sisi itu bila kelak anda menang dan d tagih. Contohnya "memperbanyak". Anda tidak memberikan tolak ukur keberhasilan atau kegagalan janji anda. Yg anda janjikan adalah menambah yg sudah ada. Baik tambah 1 maupun tambah 1000 anda bisa claim sudah menunaikan janji anda yg menyangkut kata "memperbanyak". Begitu pula dengan kata "menyediakan", "melengkapi" dan "mengajak". Anda bisa menggunakan penafsiran anda sendiri terhadap kata2 tersebut dan mengclaim anda sudah memenuhi janji.

#TidakTerjebakJanjiSulit

Semua janji2 anda adalah janji populis. Tidak ada janji non populis untuk perkembangan Jakarta. Karena om Anies paham benar bahwa yg terpenting saat ini adalah memenangkan pertarungan.

Om Anies fokus pada kemenangan, sedangkan lawan om Anies masih harus d sibukkan dengan kondisi realistis Jakarta dan pemecahan masalah yg feasible. Om Anies memilih untuk melongkapi hal itu dan hanya berjanji terhadap hal2 yg populis dan menyenangkan.

Sungguh strategi pemenangan yg luar biasa.

#KesalahanDP

Dari smua janji2 anda yg abstrak, tidak spesifik dan tidak terukur. Om Anies melakukan blunder. Om Anies menjanjikan suatu hal yg mungkin d atas kertas terlihat abstrak, tak terukur dan aman, tapi ternyata pernyataan om Anies dapat d ukur. Blunder ini menyebabkan anda terpaksa merevisi pernyataan anda yg sudah terekam di YouTube tentang DP 0% vs DP 0 Rupiah.

(DP 0%)
https://www.youtube.com/watch?v=6Ooz9c52XeI

Pernyataan ini sampai mengundang komentar gubernur BI. Dan krn itu juga masalah DP jadi sasaran tembak lawan maupun haters anda. Tapi tenang saja om Anies, dengan blunder ini. Toh tak ada manusia yg sempurna. Om Anies salah sebiji saja tak apa2. Malah menambah unsur manusiawi pada diri anda om.

(Bantahan BI)
http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170217150456-78-194249/bank-indonesia-larang-kpr-dengan-dp-nol-persen/

#MenguasaiKonstituen

Yang paling luar biasa dari om Anies adalah, om Anies tau benar konstituen om. Om Anies paham sekali bahwa sebagian besar konstituen om ber'irisan dengan konstituen saingan om. Om Anies paham benar bahwa sebagian besar konstituen om adalah konstituen emosi.

Konstituen emosi memilih Anies pada dasarnya berlandaskan prinsip asal bukan Ahok. Baik dengan alasan agama, alasan penggusuran, alasan tdk suka sikapnya atau alasan apapun. Om Anies menawarkan sebuah ilusi pada mereka bahwa mereka bukan pemilih emosional. Tetapi pada dasarnya om Anies paham betul bahwa mereka pilih Anies bukan krn tertarik janji dan programnya.

Itulah sebabnya om Anies berani berjanji tentang hal2 yg begitu abstrak. Begitu tak terukur. Begitu general. Karena om Anies yakin konstituen anda pada akhirnya tidak akan menagih dan mengejar2 janji anda.

Kalaupun ada yg mempertanyakan janji anda, kemungkinan besar itu adalah konstituen petahana. Lawan anda dalam pilgub. Dan dengan cara mengeluarkan janji yg abstrak dan tak terukur, seperti yg ku tuliskan sebelumnya. Om Anies dapat menggunakan penafsiran om Anies sendiri terhadap janji yg om Anies sebutkan.

#Salut

Jadi jelas, dari smua peserta pilkada yg pernah aku ikuti, sepak terjang dan strategi anda adalah sepak terjang terbaik yg pernah aku lihat. Aku angkat topi untuk strategi dan sepak terjang om Anies.

Rasanya om Anies berhak masuk Hall of Fame pribadiku bersama uncle Roy dan uncle Trump.

Respect

(kwek)

https://m.facebook.com/ABhumiBlog/photos/a.1685601651722383.1073741829.1683531408596074/1859840467631833/?type=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar