Jumat, 01 November 2013

Kisah Perjalanan Panjang Samsung

Samsung kini memang sedang merasakan puncak kejayaan di pasar Smartphone dunia bersama produk – produk Samsung Galaxy Seriesnya. Namun apakah anda semua mengetahui bagaimana sepak terjang dari Samsung di bidang perangkat Smartphone ? bukan sebuah jalan yang mudah bagi Samsung hingga bisa Berjaya seperti saat ini perusahaan asal Korea Selatan tersebut menempuh jalan yang cukup panjang. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan singkat perjalanan Samsung dari pertama kali masuk ke pasar Smartphone hingga saat ini.



Samsung pertama kali masuk ke pasar Smartphone dunia pada tahun 2001, pada saat itu Samsung menciptakan sebuah ponsel dengan teknologi layar sentuh yaitu Samsung SPH I300 yang dirilis di Amerika Serikat. Hadir dengan berbasis Sistem Operasi Palm, dengan tampilan yang sangat sederhana. 5 tahun berlalu, tepatnya pada tahun 2006 hadir BlackBerry yang langsung menggebrak industry Smartphone dunia. Samsung pun tentu tidak mau kalah, mereka mencoba membuat sebuah perangkat untuk menandingi produk – produk BlackBerry dan dirilis lah sebuah Smartphone dengan keyboard Qwerty yang jika dilihat memiliki bentuk yang mirip dengan perangkat BlackBerry yang diberi nama Samsung SGH-i607 BlackJack dengan berbasis Sistem Operasi Windows Mobile.

Tepat pada bulan Juni 2008 muncul sebuah Handset terbaru besutan Samsung yaitu Samsung Instinct. Perangkat Smartphone yang khusus diciptakan untuk wilayah Amerika Serikat ini hadir untuk menjadi pesaing dari produk Apple iPhone dan langkah Samsung ternyata cukup berhasil. Spesifikasi Samsung Instinct cukup canggih pada masanya dengan teknologi TouchScreen beresolusi 432 x 240 pixel yang responsive dan kamera berkemampuan 2 MP menjadi andalannya. Masih ditahun Samsung kembali menghadirkan sebuah Smartphone berbasis Windows Mobile dengan nama Samsung Omnia SCH-i910. Perangkayt pertama yang menggunakan kostumasi software TouchWiz yang sekarang sudah banyak dipakai oleh ponsel TouchScreen lainnya. memiliki bentuk dan kemampuan yang baik, Omnia bisa dibilang adalah nenek moyang perangkat Smartphone High-End Samsung saat ini.



Persaingan perusahaan Samsung dengan Apple pada saat itu dapat dibilang sangat ketat namun Apple memang masih jauh lebih unggul ketimbang Samsung. Berbagai langkah yang diambil oleh Samsung dalam mengalahkan Apple memang baik namun masih kurang efektif sampai pada bulan Maret 2010 hadirlah perangkat Smartphone Samsung Galaxy S seri pertama. Hadir dengan kombinasi Hardware yang tangguh serta mengusung Sistem Operasi Android yang sudah sempurna membuat produk Samsung yang satu ini mendapatkan respon yang sangat hangat dari publik. Samsung Galaxy S ini terjual lebih dari 10 juta unit. Penerus dari Samsung Galaxy S bahkan menuai hasil yang lebih manis, produk Galaxy S II berhasil terjual puluhan juta unit dan sampai saat ini produk ini masih diminati oleh banyak orang. bahkan Samsung Galaxy S II mendapatkan gelar terlaris sepanjang masa karena tingkat penjualannya yang tidak ada habisnya. Sebuah sejarah kesuksesan yang sangat indah bagi perusahaan Samsung.



Pada awal tahun 2012 tepatnya pada bulan februari Samsung membuah sebuah langkah baru dengan menghadirkan sebuah perangkat yang terkenal dengan sebutan Phablet (Phone + Tablet) yang diberinama Samsung Galaxy Note. Pada awal kehadirnya perangkat ini mendapatkan banyak respon negatif dari publik, namun seketika Samsung menunjukan bahwa langkah yang diambilnya benar dengan tingkat penjualan yang sangat baik pada saat itu. Salah satu nilai jual lebih dari Galaxy Note adalah dengan dilengkapinya sebuah aksesoris pendukung yaitu S Pen. Stylus yang memiliki beragam fungsi menarik ini dibuat oleh Samsung dan Wacom.



Beberapa bulan berselang Samsung kembali menghadirkan perangkat Smartphone penerus Samsung Galaxy S II yaitu Galaxy S III. Pertama diperkenalkan di London pada bulan Mei 2012 dan mulai beredar dipasaran sekitar bulan juli. Perangkat ini menuai hasil yang sama dengan produk sebelumnya, puluhan juta unit Galaxy S III terjual hanya dalam waktu singkat. Bahkan Smartphone canggih ini berhasil menggeser perangkat Apple iPhone dari peringkat pertama Smartphone terlaris di dunia. Dan kemarin tepatnya tanggal 14 Maret 2013 di New York, Amerika Serikat. Samsung secara resmi memperkenalkan perangkat Samsung Galaxy S IV dengan berbagai kecanggihannya. Yang menjadi pertanyaan apakah Galaxy S IV dapat meneruskan keberhasilan dari perangkat – perangkat Samsung sebelumnya ?. Hanya waktu yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Produk Samsung Galaxy S IV sendiri baru akan mulai dijual sekitar akhir bulan April mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar