Senin, 04 November 2013

Cara Memindahkan Data Dari BlackBerry ke Android

Salah satu hal yang paling penting bagi kebanyakan dari kita adalah kontak. Tentunya anda tidak mau repot kan jika ketika pindah hp lalu mengetik ulang kontak hp kita. Untungnya untuk memindahkan kontak dari BlackBerry ke Android cukup mudah.

Ada dua aplikasi yang bisa membantu anda memindahkan kontak dari BlackBerry ke Android.

1. Rainbow Contacts – adalah aplikasi yang membantu anda mentransfer kontak dari hp lama ke hp Android melalui bluetooth. Caranya: Cukup install aplikasi ini di perangkat Android anda yang baru, dan nyalakan bluetooth blackberry anda (bb anda tidak perlu menginstall aplikasi ini). Oya, aplikasi ini juga support hp lama seperti iPhone, Nokia, Blackberry, Android, dll.

2. 2Can – Jika Rainbow Contacts hanya bisa mentransfer kontak saja, maka dengan 2can anda bisa mengkonversi kontak, SMS, memo notes, tasks ke perangkat Android anda yang baru. Namun aplikasi ini tidaklah gratis, anda perlu membelinya seharga $4.99 USD.
Mengganti BBM/BlackBerry Messenger

Ya ya, selama ini BBM lah alasan yang membuat orang-orang pantang meninggalkan BlackBerry. Ini adalah fitur chat yang keren, dan jutaan pengguna bergantung pada BBM untuk berkomunikasi dengan teman/rekan kerja. Jadi, sebelum anda pindah ke Android, maka pertimbangkan lagi apakah anda sudah siap meninggalkan kontak BBM anda?

Kabar baiknya aplikasi messenger BBM akan hadir di Android dan iOS dalam beberapa bulan kedepan sejak artikel ini dibuat, jadi anda masih bisa berkomunikasi dengan teman-teman yang ada di kontak BBM anda.

Sebagai penggantinya, ada banyak aplikasi Messenger Android yang tidak kalah keren dan telah digunakan oleh ratusan juta pengguna.

Inilah beberapa aplikasi messenger/chating yang populer:

WhatsApp - Sesuai dengan tagline-nya Simple. Personal. Real Time.
LINE
KakaoTalk
WeChat
Skype - Butuh video call?

Memindahkan File

Memindahkan file seperti gambar, musik, dll sangat mudah. Cukup memindahkan sdcard atau backup file anda ke komputer lalu pindahkan ke perangkat Android anda.
Mendapatkan Aplikasi Baru

Salah satu keluhan pengguna BlackBerry adalah aplikasinya tidak sebanyak Android. Di Google PlayStore, tidaklah sulit menemukan aplikasi Android dengan fitur yang sama atau bahkan lebih baik dengan aplikasi yang ada di BlackBerry.

Inilah beberapa aplikasi sosial android yang populer

Facebook for Android
Twitter for Android
Instagram - Jejaring sosial paling populer untuk berbagi foto bergaya retro.
Path - Jejaring sosial private, terhubunglah hanya dengan orang terdekat anda.

Jika anda membuka Google PlayStore yang tersedia di Android, maka anda akan menemukan banyak aplikasi dan games keren.
Membiasakan Diri Dengan Android

Jika anda memiliki BlackBerry lama (sebelum BlackBerry Z10) anda tentunya terbiasa dengan keyboard fisik. Nah, karena sebagian besar smartphone android tidak menggunakan keyboard fisik, maka mengetik di keyboard virtual bisa cukup ribet jika belum terbiasa.
Keamanan

Jika fitur keamanan di BlackBerry adalah dengan memasukan PIN untuk ‘unlock screen’, maka di Android ada cara lain selain dengan PIN. Cara yang paling populer untuk ‘lock/unlock screen’ di Android adalah dengan Pattern.
Tampilan dan Tema

Jika di BlackBerry anda hanya bisa merubah tema, icon, maupun font, maka di Android anda bisa memilih aplikasi ‘launcher’ untuk memudahkan anda mengatur tampilan sesuai dengan keinginan anda, bahkan ada aplikasi ‘launcher’ yang tampilannya menyerupai Windows 8. Keren kan? Beberapa aplikasi launcher populer untuk memudahkan anda mengatur tampilan Android:

GoLauncher - Launcher paling populer dan memiliki fitur lengkap.
Launcher8 - Ingin memiliki tampilan seperti windows 8?
HoloLauncher - Untuk yang memiliki Android sebelum versi 4 (IceCreamSandwich) bisa menggunakan ini agar tampilannya dapat menyerupai versi terbaru Android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar