Selasa, 17 Desember 2013

Tips Perpindahan Web Hosting

Terkadang apabila kita kecewa dengan pelayanan suatu provider, hal ini membuat anda putus asa dan ingin berpindah ke provider lain. Begitu juga dengan layanan web hosting, agar tidak menyesal di belakang lagi carilah web hosting baru yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda dan memiliki kualitas, fitur serta pelayanan yang terbaik yang tidak anda dapatkan di web hosting anda yang lama. Berikut adalah beberapa tips perpindahan web hosting :
  1. Backuplah data website anda yang lama, karena jika terjadi masalah saat pemindahan data ke web hosting yang baru anda bisa mengembalikannya seperti semula.
  2. Gantilah DNS record website di web hosting anda yang baru, biasanya bisa anda ganti saat membuat akun yang baru.
  3. Tetap gunakan web hosting anda yang lama sampai proses pemindahan ke web hosting yang baru benar-benar selesai.
  4. Tetap gunakan dahulu akun hosting lama anda selama seminggu setelah proses pemindahan ke hosting yang baru selesai.


Selanjutnya, tentukan Web Hosting yang Tepat

Setelah anda sudah memutuskan untuk melakukan perpindahan web hosting, agar tidak salah dalam memilihnya lagi, berikut merupakan kriteria-kriteria dalam memilih web hosting sesuai dengan yang anda butuhkan:
  • Jenis OS ( Windows atau Linux ) » Ini tergantung dari teknologi yang website anda butuhkan. Misal website anda membutuhkan ASP, MSSQL, MSACCESS atau teknologi lainnya dari Microsoft maka anda perlu memilih jenis OS Windows tentunya.
  • Bandwith dan Disk Space » Pastikan kuota data dan kuota penyimpanan yang akan anda dapatkan, yang terbaik tentu yang unlimited.
  • Data Backup » Pastikan juga web hosting tersebut memiliki layanan data backup sehinggga memudahkan anda dalam membackup data-data website di kemudian hari.
  • Uptime » Jangan pernah memilih web hosting yang mempunyai uptime rendah karena anda akan kehilangan banyak konsumen nantinya, jadi usahakan mencari web hosting yang memberikan jaminan uptime minimal 99.5%.
  • Support » Anda sebagai seorang konsumen tentu berhak mendapatkan pelayanan yang terbaik, jadi anda cek juga bagaimana pelayanan yang mereka berikan terhadap konsumennya.
  • Server » Cari tau dimana server web hosting mereka berada, jadi anda bisa menyesuaikan dengan prioritas konsumen website anda.
  • Upgrade Paket » Anda tidak akan pernah tau jika suatu saat nanti bisnis online yang anda jalankan akan berkembang dengan jumlah konsumen yang meningkat tajam. Jadi sudah pasti anda akan memerlukan kuota data dan penyimpanan yang lebih besar. Jadi pastikan web hosting anda memberikan kebebasan untuk berganti paket kapanpun anda mau.
  • Fitur » Carilah web hosting yang memberikan fitur terbaik. Minimal mereka memberikan fitur FTP, SSH, PHP, Perl, CGI, Subdomain, Statistic, Logs, Front Page Extensions dan Email.
  • Pengoperasian » Jangan sampai anda kesusahan dalam menggunakan web hosting anda. Jadi patikan pilih web hosting yang memiliki C-panel yang mudah dimengerti dan digunakan. Anda bisa mencoba demonya yang biasanya disediakan oleh jasa hosting terlebih dahulu.
  • Pembayaran » Yang terakhir masalah pembayaran paket web hosting yang akan anda gunakan. Carilah web hosting yang memperbolehkan anda untuk membayar paket tiap bulannya jadi anda tidak diharuskan langsung membayar paket pertahun karena anda tidak akan pernah tahu bagaimana perkembangan bisnis online anda kedepannya. Yang lebih baiknya anda cari hosting murah yang juga memberikan diskon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar