Sabtu, 21 Desember 2013

Beberapa Jenis Dasar Layanan Website Hosting



Makin besarnya peluang di dunia internet saat ini, membuat para penyedia jasa web hosting semakin banyak bermunculan. Tak hanya menyediakan hosting dan domain saja, mereka juga menyediakan server untuk disewakan seperti dedicated server, VPS dan lain-lain. Namun, seiring perkembangan jaman teknik pemasaran terhadap produk-produk penyedia jasa web hosting dan server ini juga semakin ditingkatkan.

Apa saja layanan yang biasanya ditawarkan oleh para penyedia jasa web hosting ini, yuk mari kita ulas di bawah ini:

• Web Hosting gratis

Free web hosting atau hosting gratis adalah layanan umum yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan web host. Muncul dengan fitur yang terbatas. Dalam kebanyakan kasus, nama perusahaan yang menawarkan layanan tersebut merupakan bagian dari nama domain host yang digunakan.

• Layanan Berbayar

Ketika kita membicarakan soal pembayaran sewa bulanan atau tahunan untuk jasa yang diberikan. Sebagian besar, biaya penyewaan sangatlah terjangkau. Pemilik website host itu sendiri menikmati full domain name tanpa lampiran apapun. Iklan dan fitur terbatas lainnya tidak diperbolehkan pada situs.

• Shared hosting Service

Shared hosting Service memungkinkan ribuan situs untuk berbagi server yang sama dengan CPU, RAM dan resource lainnya. Regular update diperbolehkan untuk situs yang terlibat. Layanan ini biasanya berbayar.

• Re-seller Service

Layanan hosting ini memungkinkan situs individu untuk menjadi web host sendiri. Situs tersebut dapat memiliki dedicated server masing-masing fitur unik. Mereka bisa menjual kembali layanan mereka ke situs lainnya juga. Sebagian besar, layanan reseller hosting merupakan layanan berbayar.

• VPS

VPS mengacu pada “Virtual Private Server”. Ini juga dikenal sebagai “Virtual dedicated Server”. Ini adalah jenis layanan yang membagi sumber daya server tunggal menjadi beberapa server virtual. Dan ini juga biasanya berupa layanan berbayar.

• Dedicated Hosting

Ini adalah jenis layanan yang memungkinkan pemilik web individu untuk memiliki sebuah web server pribadi. Orang yang memiliki total kontrol atas seluruh operasi server. Layanan ini juga layanan berbayar. Individu memiliki tanggung jawab menjaga dan mengamankan server.

• Managed Hosting

Jenis layanan ini memungkinkan user untuk memiliki sebuah server web yang unik. Namun, orang tersebut tidak memiliki kontrol penuh atas server. Perusahaan yang menawarkan layanan untuk mengelolanya.

Selain dari layanan dasar di atas, ada juga layanan hosting yang tersedia lainnya. Diantaranya termasuk Cloud, Collocation server, Clustered dan layanan hosting yang Grid. Ada juga layanan hosting khusus untuk blog, file, dan gambar. Layanan tersebut merupakan layanan terbaik yang ditawarkan oleh perusahaan web hosting terbaik dan juga handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar