Rabu, 07 Maret 2012

Mengenal Blue Screen Of Death (BSOD)

Blue Screen Of Death atau sering disebut Blue Screen saja adalah Error pada Sistem Operasi Windows yang dapat menghentikan semua proses yang terjadi pada windows, hal ini terjadi tiba-tiba saat kita mungkin sedang asik dalam menggunakan computer, yaitu secara tiba-tiba layar anda menjadi berwarna biru dan terdapat banyak notifikasi atau pemberitahuan yang mungkin anda tidak ketahui apa maksudnya.

Beberapa penyebab munculnya Blue Screen:

  1. Komponen Hardware seperti RAM atau VGA Card yang kurang terpasang dengan baik.
  2. Komponen Komputer yang terlalu panas.
  3. Overlock pada hardware yang berlebihan.
  4. BIOS yang Corrupt (jarang terjadi).
  5. Bisa juga terjadi karena adanya Virus, Mallware & Spyware.
  6. Komponen yang cacat atau rusak.
  7. Bad Sector pada Hard Disk.
  8. Driver yang tidak kompatibel.

Dalam kesempatan ini, saya akan membagi beberapa tips untuk mencegah dan memperbaiki komputer yang sedang mengalami Blue Screen:
  1. Selalu bersihkan bagian dalam CPU dari debu dan kotoran
  2. Selalu periksa secara rutin keadaan Hardware Komputer seperti Fan pada Processor dan RAM karena sering ditemui masalah Blue Screen dikarenakan Fan pada Processor yang tidak berputar sehingga Processor menjadi panas dan terjadilah Blue Screen. menurut pengalaman saya pribadi, Blue Screen sering terjadi karena RAM yang kotor dan tidak terpasang dengan baik sehingga lama kelamaan menjadi kendor, oleh sebab itu anda di tuntut untuk rajin dalam merawat komputer yang anda gunakan.
  3. Periksa suhu pada CPU anda, apabila terlalu panas bisa disimpulkan bahwa ada peripheral di CPU anda yang bermasalah, saran saya bawa segera Komputer anda pada servis komputer yang ada di kota anda. Banyak yang menyepelehkan masalah ini dan yang terjadi adalah semua semua komponen yang awalnya normal dan tidak ada masalah menjadi ikut rusak dikarenakan ada salah satu komponen yang tidak normal pada computer anda.
  4. Bersihkan Hard Disk dari Virus, Mallware & Spyware.
  5. Periksa kondisi Hard Disk, apa kondisinya masih baik dan tidak Bad Sector dengan Tool yang banyak kita bisa gunakan, seperti HDD Low Level Format Tool, Fujitsu IDE Low level Format Utility, Western Digital Data Lifeguard Diagnostics dan lain lain.
  6. Apabila anda baru memasang Hardware baru pada komputer, sebaiknya anda cabut dahulu komponen tersebut.


Recommended Download
Download Insidious Chapter 3 Sub Indo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar