Sabtu, 24 Juni 2017

DEFINISI KAFIR

Penjelasan Prof. DR. Quraish Shihab tentang makna "kafir" saat ditanya anaknya Najwa Shihab di acara Mata Najwa.

Najwa : Belakangan ini kata kafir itu ringan sekali diucapkan, orang gampang sekali mengkafirkan, siapa sebenarnya orang "kafir" itu?

Quraish : Kafir bisa berarti yang mengingkari agama, kafir juga bisa berarti munafik, kafir itu pada dasarnya bisa berarti menutup, kalau anda menutup kebenaran berarti anda kafir.

Tetapi karena secara umum orang memahami kafir itu keluar dari Islam, maka datang larangan Nabi "Jangan mengkafirkan orang!"

Najwa : Nabi melarang?

Quraish : Nabi melarang, "Siapa yg mengkafirkan orang, padahal orang itu tidak kafir maka tuduhan itu kembali kepadanya", dia dinilai Tuhan kafir

Beberapa waktu lalu beliau juga pernah menegaskan bahwa "kafir" itu tak hanya untuk non-muslim.

Menurut beliau, siapa saja yang melakukan sesuatu yang jauh dari kebenaran, kalau dia itu seorang muslim, dia juga bisa disebut kafir. Lebih lanjut beliau mengatakan siapapun bila berada di jalan yang benar, berani melawan kemungkaran, ikutilah dia dan bantu dia.

“Jangan bertanya apa agamanya, apa sukunya, siapa bapaknya atau sampai menuding seseorang kafir. Sesungguhnya Tuhan berhak mengutus siapa pun untuk kebaikan di bumi ini,”

#Nahdlatululama

https://m.facebook.com/groups/1610216669215200?view=permalink&id=2030468730523323

Tidak ada komentar:

Posting Komentar