Selasa, 23 Agustus 2011

Legenda Pohon Baobab




Baobab tumbuh di daerah semi-kering Madagaskar. Tujuh spesies terdaftar di antara yang Fony Adansonia; di Afrika 1 spesies, digitata Adansonia, dan di Australia 1 spesies.Disebut "pohon botol" batang tebal yang terbuat dari jaringan parrenchy seperti jenuh dengan air. baobab bisa menyimpan lebih dari 120.000 liter air.Daun-daun musim semi baobab tidak teratur antara bulan Juli dan Januari. Jika disiram pohon dapat menyimpan daun sepanjang tahun.Hal ini biasanya bunga dari Mei hingga Agustus, selama satu malam tunggal hanya waktu untuk pecinta nektar malam hari, khususnya kelelawar, untuk memastikan penyerbukan.

EKSPLORASI Pohon Baobab

Pada 1445, navigator Portugis yang dipimpin oleh Gomes Pires mencapai pulau Goree mana Dinis Dias telah dimasukkan ke dalam tahun sebelumnya, mereka menemukan mantel Bayi Don Henrique tentang senjata terukir di pohon.
Di sini adalah bagaimana penulis sejarah Gomes Eanes de Zurara menggambarkan pohon: "Sangat aneh pohon besar, beberapa di antara mereka telah mengembangkan lingkar 108 span di kakinya (sekitar 25 meter) yang batang baobab adalah tidak ada lebih tinggi dari bagasi. pohon kenari, yang menghasilkan kulit serat kuat yang digunakan untuk tali dan kain, melainkan terbakar dalam cara yang sama seperti rami tidak Memiliki buah kayu besar yang gourdlike benih ukuran hazelnut;. penduduk lokal memakan buah bila mentah, kering biji dan menyimpan sejumlah besar dari mereka:. Saya pikir itu harus untuk makanan mereka ketika pulp hijau telah digunakan.
Dalam Ilmu Barat pohon ini berbuah gourdlike disebut "bahobab" lagi, dalam bahasa Arab Mesir istilah ini menunjuk pulp, yang "hibab bu", buah berbiji atau "lobab", kacang almond (di De plantis Aegypti Liber oleh Prospero Alpina - Venesia 1592).Dalam Ilmu Barat pohon ini berbuah gourdlike disebut "bahobab" lagi, dalam bahasa Arab Mesir istilah ini menunjuk pulp, yang "hibab bu", buah berbiji atau "lobab", kacang almond (di De plantis Aegypti Liber oleh Prospero Alpina - Venesia 1592).


Baobab adalah nama yang digunakan di Perancis dalam Encyclopedia oleh Diderot dan d'Alembert, diterbitkan pada 1751, setelah Michel Adanson telah membawa kembali contoh dan deskripsi dari tinggal di Saint-Louis dari Senegal pada 1749: "sebuah pohon yang luar biasa ukuran menarik perhatian saya itu. sebuah bantalan pohon buah gourdlike, juga disebut roti monyet, yang Wolofs disebut "Goui" dalam bahasa mereka sendiri (...). (Mungkin) pohon yang paling berguna dalam semua (...) Afrika universal pohon untuk Negro. "

Ketika mereka kelompokkan tanaman, Bernard de Jussieu Museum Paris dan Charles de Linne membayar upeti kepada kedua ilmuwan dan penjelajah dia, Michel Adanson, dengan memberikan baobab itu nama digitata Adansona Latin.

Dengan demikian disebut, pohon soliter padang rumput menemukan keluarga, Bombacacea, dari Bomba, sebuah ungkapan yang diucapkan di Guinea khatulistiwa, dan kemudian secara resmi masuk Science.
Meskipun demikian, Pastor David Boilat menjelaskan, seolah-olah untuk pertama kalinya, pohon yang sudah legendaris, ketika ia mengamati di daerah Mbour :"... pohon-pohon besar dan sangat mengherankan banyak: saya mengukur ketebalan beberapa yang berasal dari 60 sampai 90 kaki (20 sampai 30 meter).
Tidak hanya pohon ini berguna untuk orang Negro, juga penting, mereka tidak bisa melakukannya tanpa itu. Dengan daun kering, mereka membuat beberapa bubuk yang mereka sebut Lalo dan yang mereka campuran kouskous. Mereka menggunakan akar sebagai obat pencahar, mereka minum teh panas kulit-untuk menyembuhkan dada-penyakit.
Buah disebut "roti monyet" digunakan untuk mengental susu dan juga disajikan dengan makanan yang mereka sebut "kurang" atau "sangle" (...). Pohon ini kadang-kadang digali untuk membentuk rumah-rumah di mana Sereres dapat hidup: mereka hanya membuka batang untuk membuat pintu, mereka buang pulp mucilageneous yang mengisi bagian dalam bagasi.
Bila dikosongkan pohon tidak mengalami kerusakan dan tidak hidup.
Mereka membakar di dalamnya untuk mengeringkan gubal ke atas dan dalam waktu singkat, bukan od menyusut dan melipat kulit tumbuh dan membentang, dan seperti garis-garis di dalam keseluruhan. "(Dalam Esquisses Sénégalaises - 1853)."






Sebelum ia tiba di Joal, pastor mengunjungi batang baobab yang luar biasa, sekitar 26 meter.
Ada dua kamar di dalamnya yang digunakan baik sebagai rumah dan toko oleh seseorang yang bernama Amar Ngoné.

Hari ini, ketika salah satu kunjungan ini baobab besar, 15 kilometer jauh dari Joal, "terbesar di Senegal", seseorang belajar bahwa batang pohon itu membuka dan menutup secara alami, hanya untuk memberi waktu untuk jenazah dari griot atau dari yang besar tokoh, sosial berbicara, untuk mempercayakan kepada perawatan pohon.

Ketika Afrika, baobab adalah sumber cahaya, tetapi dahan perusahaan bengkok dan disiksa seperti; batang adalah monstruous dan stigma.
Ketika Senegal, yang baobab mengilhami puisi, legenda, upacara dan devoutness.

Hal ini praktis tidak digunakan untuk bangunan atau pertukangan, kecuali mungkin, gagal apa yang lebih baik dan hanya jika sudah mati itu digunakan untuk membuat pirogues karena merupakan kayu yang sangat ringan; menghasilkan kulit yang serat kuat yang digunakan untuk tali dan benang tenun.
Its kayu juga merupakan bahan baku untuk alat musik tertentu.
Menyediakan sumber daya dan tempat tinggal baik sihir pohon menembus baik kehidupan dan kematian manusia.

PHARMACOPEA

Menurut Jean-Pierre Denis dan Abdoulaye Camara (Gesproc) setiap bagian pohon merupakan obat asli, daun digunakan secara khusus sebagai anti-diarroheic, juga sebagai obat penurun panas dan melawan peradangan dan filarae (a nematoda parasit).Serbuk kering terbuat dari daun perkelahian anemia, rachitis, asma disentri,, rhumatism, melainkan juga digunakan sebagai tonik dan salep yg melunakkan.Bubur bisa melawan diare, disentri, cacar dan campak.Demam perkelahian kulit, radang pencernaan.
Ketika decocted serat buah bisa melawan diare.Ketika mereka kaya akan kalsium, besi, protein, lipid, daun baik dihaluskan menjadi gruels atau bubur atau kering (lao atau alo) dan dicampur dengan sereal dan saus-saus.Benih penuh dengan minyak nabati dan dapat dipanggang, kemudian dimakan. Mereka kaya akan fosfat, dan digunakan untuk pembuatan sabun dan pupuk.Pulp dari buah (roti monyet) dapat dimakan mentah tetapi juga dihaluskan menjadi bubur tipis untuk mempersiapkan minuman untuk anak-anak; dicampur dengan air minuman ini mirip dengan susu coco-kacang dengan rasa jeruk nipis.Kulit buah digunakan untuk membuat berbagai mangkuk.Ketika mereka yang dimasak dan dimakan, akar dari bibit muda dimakan dalam cara yang sama seperti asparagus ini.Jika tidak digunakan sebagai tempat pemakaman untuk griots, rumah tinggal atau gudang untuk menyimpan alat dan instrumen yang tidak sering digunakan, seseorang mungkin berbalik kepadanya untuk dibebaskan dari rasa sakit, gelisah, untuk membuat pengakuan pada dia: orang tersebut kemudian berlaku baik ands pada batangnya, membuat sumpah untuk berkorban dalam rangka melawan laknat.Namun kekuatan pohon tidak bekerja - sehingga beberapa orang mengatakan - ketika salah Putih atau Muslim yang bersangkutan.

Sebuah landmark untuk wisatawan, mengumpulkan poin untuk diskusi panjang penduduk desa 'berlarut-larut, jika tidak berguna bagi manusia, pohon itu memberikan perlindungan bagi hewan-hewan dari padang rumput: kadal, margouillats (saurians berkepala segitiga), ular, burung, mamalia.

Tidak adanya bibit lain di sekitar baobab menekankan citra kesendirian dan kekuatan itu mengilhami. "Ketiadaan mengerang selama hidupnya lon yang menghabiskan melakukan ternyata baik untuk menghormati perintah Afrika, menghasut imajinasi dan mengilhami kasih sayang".

Jadi ketika Albert Londres (di Terre d'Ebène - 1928) menggambarkan baobab itu adalah Afrika, dia tidak menggambarkan:
"... Raksasa putus asa, tanpa senjata dan memutar, ia menyodorkan Tunggul nya ke udara menghadap ke langit seolah-olah dimaksudkan untuk mengaktifkan bagi penghakiman Pencipta pada kejahatan para penyiksa yang menyalibkan Dia. Apakah dia mampu mengucapkan satu kata merasa dia bisa mengeluarkan jeritan hati melanggar dan jika ia telah diberikan karunia gerakan oleh alam ia akan isyarat kesusahan itu. "

Untuk Senghor juga, lengan baobab adalah terdistorsi dengan kesedihan.Last but not least, Sang Pencipta mungkin telah ditanam terbalik karena Dia lelah mendengar pohon mengerang.(Suatu legenda Arab mengatakan bahwa Iblis memetik Facebook baobab itu, dorong cabang-cabangnya ke dalam bumi dan meninggalkan akarnya di udara.) (Encyclopedia Britannica)

Dalam sebuah buletin yang diterbitkan pada tahun 1926 oleh "Comité d'Etudes et Historiques Scientifiques de l'AOF" (Komite yang bertanggung jawab atas studi sejarah dan ilmiah di Afrika Barat Perancis) Michel Perron, Gubernur Koloni, laporan bahwa desa-Ba Toumbou ketenaran berutang kepada baobab nya. :
... "Dia" adalah salah satu yang memegang hak suaka sejati. Hanya di lekukan bagasi "nya" dan pada "nya" dahan akan seseorang aman dari penyalahgunaan dan pukulan. ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar